Senin, 18 Januari 2010

Makan Sehat yang Islami


Bila kita mengkaji kehidupan Rasulullah SAW, selama hidupnya beliau mengalami sakit hanya dua kali saja yaitu pada saat disihir oleh orang Yahudi bernama Labid bin Aslam, sehingga turun Surat Al Falaq dan An Naas dan yang kedua disaat menjelang wafatnya atau penyakit tua.
Begitu fitnya kondisi Rasulullah SAW selama hidupnya yang disebabkan beliau selalu mengkonsumsi makanan yang halal dan baik (QS.2:168) dan bila makan menunggu lapar dahulu serta berhenti makan sebelum kenyang, tidak berlebih-lebihan, kemudian melakukan puasa sunnah serta berolahraga yang teratur dan tidak melakukan maksiat.
Berikut waktu serta konsumsi makanan apa saja yang baik:
  • Jam 12.00-18.00 merupakan proses pencernakan. Makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah: Karbohidrat, lemak dan biji-bijian.
  • Jam 18.00-04.00 merupakan proses penyerapan. Makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah: buah-buahan, Sayur, daging dan susu kedelai.
  • Jam 04.00-12.00 merupakan proses pembuangan. Makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah: madu+air, minyak zaitun, susu kambing, kurma, buah-buahan dan jeruk nipis
Demikian sekedar informasi saja, semoga bermanfaat bagi kita semua!

0 komentar:

Followers

 

FORUM KIBLAT. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com